Minggu, 03 Oktober 2010

Edit costume/Baju Pemain di PES 2009

Pada trik ini, kita akan mencoba mengedit atau merubah kostume dari pemain bola yang ada di game PES 2009.


Hal ini biasa kita lakukan jika umpamanya pada suatu negara atau club memiliki kostume baru atau kostumenya mengalami perubahan warna atau corak sementara didatabase PES 2009 belum sesuai dengan kostume baru tersebut.


Sedikit mengenai trik yang nanti kita bahas. Disini karena blum ada software yang sesuai atau software khusus untuk membuat file kostume buat PES 2009, maka kita akan mencoba merubah kostumenya dengan mengeditnya secara manual, maksudnya disini, kita akan mengedit atau mengganti warna atau corak kostumenya, langsung dari gambarnya, yang tentunya dengan mengguanakan software pengolah gambar.


File yang memuat data gambar kostume pada PES 2009 berada pada 0_TEXT.AFS dan E_TEXT.AFS, dimana :


Pada 0_TEXT.AFS memuat data gambar kostume yang dirender saat kita memainkan PES 2009, atau dengan kata lain gambarnya merupakan gambar yang akan membentuk warna atau corak dari kostume pemain bolanya. Dan pada 0_TEXT.AFS ini memuat data gambar untuk kostume yang terdiri dari 3 ukuran gambar, baik untuk gambar kiper ataupun pemain lainnya, serta memuat juga bentuk atau model dari nomer atau nama yang tertulis dibaju atau celana pemain bolanya. Dan untuk data kostume ini filenya bisa kita liat dengan menggunakan GGS pada nomer file 5145 - 6690, seperti pada contoh gambar dibawah ini untuk kostume kiper dan pemain lainnya dari Menchester yang berada pada nomer file 5412 dan 5415 :




Dan tampilannya diGGS seperti gambar dibawah ini




Pada E_TEXT.AFS memuat data gambar kostume yang ukurannya kecil, atau dengan kata lain, gambar disini adalah gambar yang ditampilkan pada saat kita memilih kostume pemainnya. Dan file" ini bisa kita liat dengan menggunakan GGS pada :


*

Nomer file 33 yang terdiri dari 100 data gambar.
*

Nomer file 34 sampai dengan 159.


Gambarnya seperti contoh gambar dibawah ini untuk kostume dari Menchester yang berada pada nomer file 33 pada gambar 23 dan pada nomer file 53,



Dan tampilan di GGS seperti gambar dibawah ini




OK, untuk mengetahui nomer file data kostume untuk club atau negara yang lain, kita bisa memeriksanya dengan cara memainkan gamenya di PS2 trus melihat warna atau corak kostume yang digunakan, kemudian mencarinya satu persatu gambarnya yang sesuai di GGS seperti pada contoh gambar diatas, atau bisa juga dengan cara melihat lambang yang biasanya ikut pada gambar kostume pemainnya, seperti pada contoh ini adalah Menchester, maka lambangnya seperti dibawah ini,



Sebelum kita mengedit gambar kostumenya, terlebih dahulu kita harus mengerti cara peletakan gambar tersebut, dan bagian-bagian yang mana yang akan diletakkan pada polygon pemain bolanya.


Object dalam 3D dibentuk dengan beberapa Polygon dan tiap Polygon terdiri dari beberapa vertex yang kemudian diperhalus dengan memberikannya material atau gambar, jadi polygon ini diibaratkan dalam dunia nyata adalah rangka, sementara vertex adalah yang membentuk rangka atau jari", sementara gambarnya disini fungsinya sebagai pelapis dari rangka agar keliatan lebih terbentuk.


Jadi yang akan kita edit adalah cuma gambarnya atau materialnya, sementara model Polygon atau rangkanya tetap sama.


Dan pada material atau gambar yang akan kita edit, terdiri dari bagian" yang nantinya tiap bagian diletakkan pada tempatnya masing", dan satu gambar seperti pada contoh gambar diatas, terdiri dari bagian" sebagai berikut :


* Bagian bahu kanan. (BR)
* Bagian bahu kiri. (BL)
* Bagian depan/dada baju (DB)
* Bagian belakan/punggung baju. (BB)
* Bagian samping kanan baju. (SR)
* Bagian samping kiri baju. (SL)
* Bagian lengan baju kanan. (LR)
* Bagian lengan baju kiri. (LL)
* Bagian celana depan. (CD)
* Bagian celana belakan. (CB)
* Bagian celana samping kanan. (CR)
* Bagian celana samping kiri. (CL)
* Bagian kaos kaki kanan. (KR)
* Bagian kaos kaki kiri. (KL)
* Bagian kera/leher baju. (KLB)
* Sabuk Capten pemain. (SC)


Untuk lebih jelasnya lagi bagian"nya, dapat dilihat pada gambar dibawah ini,


Penjelasan gambar dibawah ini dengan berpatokan pada kode bagian" diatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar